Vaksinasi Saat Berpuasa, Bolehkah?

Vaksinasi Saat Berpuasa, Bolehkah?

Umat Muslim memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Terdapat sejumlah pro dan kontra terkait prosedur vaksinasi bila dilakukan saat sedang berpuasa. 

Apakah vaksinasi membatalkan puasa?

Pada dasarnya, injeksi yang membatalkan puasa adalah injeksi yang berisikan nutrisi yang juga dimasukkan ke dalam tubuh melalui aliran darah, sedangkann vaksinasi merupakan injeksi yang diberikan untuk memberikan kekebalan atau ketahanan tubuh terhadap virus tertentu melalui otot tubuh. 

“Mayoritas penelitian Islam berpandangan bahwa vaksinasi saat puasa Ramadhan tidak akan membatalkan puasa,” ucap pempimpin Dewan Penasihat Nasional Masjid dan Imam, Qari Asim mengutip BBC. 

Vaksinasi dapat dilakukan sesegera mungkin bila dianjurkan oleh ahli medis, meskipun pada bulan puasa. Menurut kitab suci Al-Quran, menyelamatkan satu nyawa merupakan hal yang penting untuk menyelamatkan seluruh kemanusiaan. 

Untuk itu, vaksinasi saat menjalankan ibadah puasa diperbolehkan dan aman, kecuali bila reaksi pasca tubuh membuat seseorang harus membatalkan puasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *